Market Movers!: Dollar Tertekan NFP, Aktivitas Jasa Inggris Jadi Fokus Investor Sterling

us9bobnews – Pasar keuangan di awal pekan ini akan dipengaruhi dampak laporan tenaga kerja AS yang dirilis mengecewakan hari Jumat pekan lalu serta data market movers dari sektor jasa Inggris dan sektor non-manufaktur AS. Pada penghujung pekan lalu, biro statistik tenaga kerja AS mempublikasikan perkembangan pasar tenaga kerja AS tertahan di bulan September. Pertumbuhan upah stagnan dan perekonomian AS hanya mampu menambahkan 142.000 pekerja pada bulan lalu.

Padahal ekonom mengharapkan upah dapat naik 0,2% dan terdapat 203.000 penambahan pekerja di bulan September. Laporan ini menjatuhkan valuasi Dollar AS dan membuat investor meragukan kesiapan perekonomian AS menjalani tingkat suku bunga yang lebih tinggi.

Peluang penundaan kenaikan suku bunga dan membuat indeks-indeks AS berakhir menguat di atas 1%. Penguatan Wall Street ini pun menular ke pasar saham Asia, dibantu kenaikan harga minyak pasca Baker Hughes melaporkan terdapat 26 rig yang dinon-aktifkan pada pekan lalu. Indeks Shanghai Composite masih ditutup menyambut hari libur Nasional dan baru dibuka kembali hari Kamis pekan ini.

Sore nanti, lembaga Markit/CIPS akan melaporkan hasil survei ketiga yaitu aktivitas sektor jasa, sektor paling penting di Inggris. Pekan lalu, laporan PMI Manufaktur dan PMI Konstruksi berhasil mengungguli ekspektasi ekonom dan sinyal optimisme dari laporan PMI Jasa nanti diprediksi akan tambah dorongan penguatan untuk Sterling.

Hari ini para petinggi zona Euro akan memulai pertemuan dua harinya di Luxembourg. Yunani akan menjadi pembahasan utama rapat grup Euro dan Menteri Keuangan Yunani, Euclid Tsakalotos, dijadwalkan akan melaporkan perkembangan reformasi penghematan yang menjadi syarat utama bailout ketiga Yunani.

Sementara itu dari AS, outlook pesimis pasca data Non Farm Payrolls (NFP) hari Jumat kemarin diprediksi akan berlanjut dalam laporan ISM Non Manufacturing PMI nanti malam. Ekonom yang disurvei Reuters memprediksi ekspansi sektor non manufaktur di AS akan tertahan pada 57.7 pada bulan lalu dibandingkan pertumbuhan yang sehat di bulan Agustus pada 59.0. Data aktual yang lebih rendah dari prediksi dapat menambahkan tekanan pada Dollar AS sebelum fokus utama pekan ini, notula rapat FOMC (FOMC Meeting Minutes) bulan lalu.

Detail jadwal ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(Yulia Safrina)

Ubah Krisis Jadi Bisnis! Buka Akun Demo|Spread “0”|Market Order|Copy Trade|Autochartist|Klik demo account Info: 082221030790 #krisis‎

Sumber: http://www.monexnews.com/

Lihat Disclaimer

Advertisements

4 thoughts on “Market Movers!: Dollar Tertekan NFP, Aktivitas Jasa Inggris Jadi Fokus Investor Sterling

  1. Pingback: Penguatan Aussie Terhambat Kecemasan Proyeksi Pesimis RBA | Bisnis Online Berjangka

  2. Pingback: Tiga Reformasi Mendasar Pada APBN Indonesia | Bisnis Online Berjangka

  3. Pingback: Market Movers!: Serangkaian Data Dari Zona Euro Jadi Fokus Investor | Bisnis Online Berjangka

  4. Pingback: Market Movers!: Bursa Asia Anjlok, Pasar Harapkan Petunjuk Dari BoJ Dan Data ADP « Bisnis Online Berjangka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s