Market Movers!: RBA Pulihkan Aussie Dari Defisit Perdagangan, TPP Ajak Saham Global Rally

RBA3bobnews – Data terbaru dari sektor Jasa, komponen terbesar dalam GDP AS, yang melambat di bulan lalu mengindikasikan potensi kenaikan suku bunga mungkin baru akan terwujud secepatnya di tahun depan. Meskipun mengecewakan, Dollar tetap mampu berakhir menguat seiring peningkatan risk appetite yang melemahkan mata uang utama Yen dan Euro menyusul adanya divergensi outlook kebijakan moneter.

Hari ini bank sentral Jepang telah memulai rapat dua harinya dan pasar memprediksi Bank of Japan (BoJ) akan meningkatkan stimulus moneter di bulan ini untuk mengurangi beban perlambatan ekonomi dan deflasi. Sementara Presiden European Central Bank (ECB) akan berpidato tengah malam nanti usai pertemuan bank sentral area Euro di Frankfurt dan diharapkan dapat memberikan petunjuk mengenai kebijakan moneter wilayah yang pada bulan lalu kembali jatuh dalam deflasi.

Pagi ini Reserve Bank of Australia (RBA) mengumumkan suku bunga acuan dipertahankan pada tingkat 2%, sesuai prediksi pasar. Valuasi Aussie yang sempat tergelincir terhadap Dollar AS menyusul data melebarnya defisit perdagangan di bulan Agustus kini kembali meroket sampai dengan lebih dari 0,5%. Pernyataan Gubernur RBA Glen Stevens juga cenderung optimis, berbeda dengan prediksi pasar, menilai pertumbuhan perekonomian yang moderat masih terus berlanjut, didukung kondisi pasar tenaga kerja yang lebih stabil. Inflasi di Australia diprediksi akan konsisten dengan target dalam satu sampai dua tahun mendatang meski valuasi mata uang rendah.

Pasar saham Asia melanjutkan rally pasar saham global dengan topik utama potensi penundaan kenaikan suku bunga AS di tahun ini dan kesepakatan Trans-Pacific Partnership (TPP) yang diraih kemarin malam. AS dan 11 negara pasifik menyepakati konsep perdagangan bebas di antara 12 anggota yang mencakup 40% perekonomian global. Pakta ini diharapkan dapat menguntungkan para anggota seiring lebih ringannya persyaratan dan bea perdagangan antar anggota. Adapun 12-anggota TPP: AS, Jepang, Australia, Selandia baru, Kanada, Meksiko, Brunei, Chili, Malaysia, Peru, Singapura, dan Vietnam.

Data yang dapat menjadi market movers untuk hari ini adalah defisit perdagangan Kanada dan AS yang akan dirilis nanti malam. Pasar memprediksi kedua negara akan melaporkan deifisit perdagangan yang melebar di bulan Agustus. Ketika periode pasar keuangan dikejutkan dengan devaluasi Yuan, defisit perdagangan internasional Kanada diperkirakan akan terpengaruh kejatuhan harga minyak sementara perdagangan internasional AS diprediksi ketika itu akan tertekan dengan penguatan Dollar. Data aktual yang lebih buruk dari prediksi dapat memberikan tekanan pada perdagangan mata uang masing-masing negara.

Detail jadwal ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(Yulia Safrina)

Ubah Krisis Jadi Bisnis! Buka Akun Demo|Spread “0”|Market Order|Copy Trade|Autochartist|Klik demo account Info: 082221030790 #krisis‎

Sumber: http://www.monexnews.com/

Lihat Disclaimer

Advertisements

4 thoughts on “Market Movers!: RBA Pulihkan Aussie Dari Defisit Perdagangan, TPP Ajak Saham Global Rally

  1. Pingback: Aliran Modal Asing Segarkan Rupiah | Bisnis Online Berjangka

  2. Pingback: Aussie Dan Kiwi Diuntungkan Dovish FOMC | Bisnis Online Berjangka

  3. Pingback: Nilai Ekspor China Turun 3.7% di September, Impor Anjlok 20.4% | Bisnis Online Berjangka

  4. Pingback: Penjualan Ritel & Ekspor Australia Naik di Bulan September | Bisnis Online Berjangka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s