Aliran Modal Asing Segarkan Rupiah

rp6bobnewsRupiah sedang menunju rally 3-harian terbesar sejak 2008 seiring investor asing yang kembali menyerbu saham lokal di tengah membaiknya sentimen terhadap pasar negara berkembang dan pemerintah bersiap merilis paket stimulus tahap ketiga. Rupiah menguat sebanyak 2.3% menuju kisaran 13,926 per dollar, membawa penguatan mingguan menjadi 5.2%, menurut harga dari bank lokal. Rupiah juga berhasil memangkas penurunan tahun ini menjadi 11%. Jakarta Composite Index menguat sebesar 0.7%, memperpanjang rally sejak 2 Oktober lalu hingga mencapai 6.4%.

Rally rupiah terjadi menyusul pelemahan sebesar 9% kuartal lalu seiring investor asing menarik lebih dana lebih dari 2 milyar dollar dari bursa saham Indonesia dan obligasi pemerintah berbasis rupiah. Saat ini investor asing telah menambahkan 82 juta dollar pada saham lokal dalam 2 hari terakhir, menurut data bursa, menuju kenaikan pada aliran dana masuk mingguan pertama sejak Juli. Paket kebijakan yang akan diumumkan pada hari Kamis diperkirakan akan termasuk penurunan harga bahan bakar dan kebijakan untuk mendorong tingkat pinjaman perbankan, menurut apa yang dikatakan Presiden Joko Widodo pekan lalu.
Menurut salah satu pelaku pasar, sentimen pada negara berkembang sedang membaik. Rupiah terkena aksi jual cukup tajam sebelum sentimen berubah, sehingga penyesuaian juga cukup tajam, ucapnya, menambahkan bahwa rupiah dapat menguat hingga 13,700 hingga 3 pekan kedepan. Mata uang yang lebih stabil dalam jangka pendek membuat saham dan obliagsi Indonesia lebih menarik bagi investor dan momentum ini mungkin akan berlanjut dalam beberapa pekan kedepan, menurut catatan riset Morgan Stanley yang dirilis hari Selasa. Bank Indonesia akan merilis data cadangan devisa bulan September pada hari ini. Cadangan devisa telah berkurang sebanyak 10.2 milyar dollar dalam kurun waktu 5 bulan hingga Agustus menjadi 105.3 milyar dollar.

(xiang)

Ubah Krisis Jadi Bisnis! Buka Akun Demo|Spread “0”|Market Order|Copy Trade|Autochartist|Klik demo account Info: 082221030790 #krisis‎

Sumber: http://www.monexnews.com/

Lihat Disclaimer

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s