Langkah PBOC Berdampak Ganda Bagi Aussie

a10bobnews – People’s Bank of China (PBOC) kembali melonggarkan moneter pada pekan lalu, kebijakan tersebut berdampak pada pasar saham, mata uang, hingga komoditas. PBOC pada Jumat lalu menurunkan suku bunga deposito satu tahun sebesar 25 basis poin menjadi 1,5%, dan 25 basis poin untuk suku bunga pinjaman satu tahun menjadi 4,35%.

Aussie menjadi mata uang uang yang terlihat paling terpengaruh kebijakan PBOC. Meski demikian, terdapat dua sudut pandang terhadap turunnya suku bunga di China yang mempengaruhi pergerakan mata uang Australia ini.

Penurunan suku bunga China bisa dilihat sebagai upaya untuk menggairahkan perekonomian China yang melambat, dan diharapkan meningkatkan permintaan impor dari Australia. Disisi lain, penurunan tersebut bisa diartikan sebagai memburuknya outlook ekonomi China dimasa yang akan datang, sehingga PBOC harus menurunkan suku bunga. Ekonomi China year-on-year tumbuh 6,9% di kuartal ketiga, masih lebih baik dari perkiraan ekonom sebesar 6,8%, namun lebih rendah dari kuartal kedua sebesar 7,0%.

Perbedaan pandangan tersebut tercermin pada pergerakan aussie sejak hari Jumat yang sempat menguat tajam, sebelum akhirnya berbalik melemah. Sementara pada awal perdagangan sesi Asia hari ini kembali bergerak naik, AUDUSD diperdagangkan dikisaran 0.7252 pada pukul 10.14 WIB, menjauhi level terendah harian 0.7207 (platform Monex Trader).

(pap/Monex)

Ubah Krisis Jadi Bisnis! Buka Akun Demo|Spread “0”|Market Order|Copy Trade|Autochartist|Klik demo account Info: 082221030790 #krisis‎

Sumber: http://www.monexnews.com/

Lihat Disclaimer

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s