Market Movers!: Ekspektasi Inflasi Jadi Landasan Penguatan Dollar AS (review)

bobnews – Dollar AS menguat terhadap pasangan mata uang utama berkat keyakinan kenaikan suku bunga AS pada bulan Desember yang tinggi sehingga investor mampu mengabaikan masih rendahnya sentimen dari bisnis manufaktur di area New York pada bulan November, pesimisme selama 4-bulan beruntun. Euro juga masih tertekan meksipun estimasi akhir inflasi tahunannya untuk bulan Oktober berhasi tumbuh 0,1%.

Kemarin minyak mentah akhirnya berhasil memulihkan perdagangannya yang sempat merosot selama 7-sesi beruntun. Penurunan produksi minyak OPEC serta serangan udara Perancis terhadap Suriah menumbuhkan harapan akan ada pengurangan pada suplai minyak global. Harga minyak pun meroket naik menjauhi level psikologis $40 per barel. Kenaikan harga minyak inilah yang kemudian menjadi faktor utama penguatan pasar saham mulai dari Wall Street semalam sampai dengan indeks-indeks Asia pada hari ini.

Terdapat dua data inflasi dari dua negara besar yang dapat menjadi Market Movers untuk hari ini. Inggris akan lebih dahulu melaporkan tingkat inflasi tahunannya untuk bulan Oktober. Pasca oultook pesimis dari “Super Thursday” Bank of England (BoE) pada awal bulan, inflasi Inggris diprediksi masih turun 0,1% pada bulan lalu. Data aktual yang berbeda secara signifikan dari ekspektasi dapat menjadi momentum pergerakan untuk Sterling.

Pada sesi New York, Consumer Price Index (CPI) atau inflasi bulanan AS akan menjadi penantian utama pasar untuk hari ini. Inflasi akan diprediksi akan pulih pada bulan lalu setelah sempat menurun sselama dua bulan beruntun. Investor terus memupuk optimisme bank sentral AS akan menaikkan suku bunga sebelum akhir tahun. Federal Reserve beberapa kali menyatakan ingin yakin inflasi telah berada dalam jalur pertumbuhan menuju target inflasi 2% untuk memantapkan keputusan menaikkan suku bunga. Sehingga jika inflasi AS yang dilaporkan lebih baik dari prediksi dapat menjadi momentum kenaikan valuasi Dollar AS sekaligus memperbesar peluang kenaikan suku bunga pada bulan Desember.

Detail jadwal ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(Yulia Safrina)

 

Advertisements

3 thoughts on “Market Movers!: Ekspektasi Inflasi Jadi Landasan Penguatan Dollar AS (review)

  1. Pingback: Hasil Minutes Fed Lambungkan Wall Street | Bisnis Online Berjangka

  2. Pingback: Market Movers!: Kejutan Dari Data Inflasi Kanada Berpotensi Menghentikan Rally Loonie | Bisnis Online Berjangka

  3. Pingback: Market Movers!: Pasar Berpotensi Volatile Di Tengah Banjir Data Penting | Bisnis Online Berjangka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s