Market Movers!: FOMC Dan BoJ Penuhi Ekspektasi, Yen Menantikan Konferensi Pers BoJ

fomc1bobnews –  Tidak banyak kejutan dari notula rapat Federal Open Market Committee (FOMC) semalam, sehingga investor pun memilih untuk melikuidasi posisinya dalam Dollar AS setelah sempat rally sekitar 6% dalam sebulan. Secara umum, FOMC Meeting Minutes mengukuhkan peluang kenaikan suku bunga pada bulan Desember namun dengan laju kenaikan yang bertahap bahkan bisa dihentikan setelah kebijakan pengetatan dimulai jika dibutuhkan. Pelemahan Dollar AS berlanjut di awal sesi Asia sehingga menguatkan mata uang utama yang lain serta produk komoditas seperti emas dan minyak mentah.

Bank of Japan (BoJ) mengakhiri rapat dua harinya dan untuk bulan ini memutuskan untuk tidak mengubah program pelonggaran moneter masifnya, seperti yang sudah diduga pelaku pasar. Meskipun demikian, ketetapan ini menambahkan tenaga penguatan Yen terhadap Dollar AS dan sebaliknya mengurangi keuntungan indeks Nikkei. Namun pergerakan Yen masih berpeluang mendapatkan momentum yang lebih signifikan dari konferensi pers BoJ tengah hari nanti. Investor menantikan pandangan terbaru bank sentral terutama setelah perekonomian Jepang yang dilaporkan kembali merosot dalam resesi.

Pada sore hari, data ritel Inggris menjadi penentu perdagangan Sterling-Dollar selanjutnya yang sudah menguat tajam di sesi Asia. Penjualan ritel, indikator utama pengeluaran konsumen, diprediksi akan turun pada bulan lalu. Dalam 9-sesi terakhir, Sterling perlahan memulihkan dampak negatif dari oultook dovish Bank of England (BoE) saat Super Thursday awal bulan ini. Data ritel yang lebih baik dari prediksi penurunan 1,4%, dari kenaikan 1,9% pada bulan September, dapat mendongkrak perdagangan Sterling yang mendekati level psikologis 1.53 terhadap Dollar.

Sementara itu data klaim pengangguran mingguan AS dapat menjadi faktor penggerak untuk perdagangan Dolllar. Namun, hanya angka yang berbeda secara signifikan, dari prediksi penambahan 272.000 klaim, yang dapat memicu momentum perdagangan. Bagaimana pun juga, sektor tenaga kerja AS dinilai sudah dalam kondisi sehat dengan tingkat pengangguran yang berada di level terendah beberapa dekade dan pertumbuhan indikator tenaga kerja yang stabil.

Detail jadwal ekonomi yang lebih lengkap dapat dilihat dalam Calendar sementara untuk rangkuman pergerakan pasar untuk sesi sebelumnya dapat dibaca dalam Daily Report.

(Yulia Safrina)

Optimalkan Trading Anda dengan Autochartist! Free Demo Acc|Spread “0”|Market Order|Copy Trade|Autochartist|Klik demo account Info: 082221030790 #krisis‎

Sumber: http://www.monexnews.com/

Lihat Disclaimer

Advertisements

2 thoughts on “Market Movers!: FOMC Dan BoJ Penuhi Ekspektasi, Yen Menantikan Konferensi Pers BoJ

  1. Pingback: Market Movers!: Dampak NFP Masih Terasa di Awal Pekan | Bisnis Online Berjangka

  2. Pingback: Market Movers!: Sentimen Pertumbuhan Global Masih Membayangi Pergerakan Pasar | Bisnis Online Berjangka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s