Kurs Euro Tidak akan Halangi Peluncuran QE oleh ECB

ECB5bobnews – European Central Bank (ECB) dijadwalkan menggelar rapat moneter pada tanggal 3 Desember mendatang. Event ini diprediksi akan menjadi ajang pengumuman quantitative easing (QE) terbaru yang bertujuan untuk mempercepat laju ekonomi di kawasan.

Presiden European Central Bank, Mario Draghi, akhir pekan lalu mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan semua sumber daya untuk memerangi inflasi rendah. Pernyataan tersebut semakin memperkuat asumsi keluarnya stimulus bulan depan.

Draghi mengakui kebijakannya sekarang tidak cukup suportif terhadap perekonomian. Selain QE, bank sentral juga membuka peluang perubahan suku bunga deposito supaya efek stimulus lebih terasa. Skenario paling realistis adalah penurunan suku bunga deposito dari level -0,2%. Sementara masih belum bisa ditebak apakah ECB akan langsung menambah porsi pembelian obligasinya atau melakukan eksekusi kebijakan secara bertahap.

Program pembelian aset ECB saat ini adalah sebesar 60 miliar Euro per bulan, yang berlaku hingga bulan September 2016. Sedangkan inflasi di zona Euro baru mencapai 0,1% di bulan Oktober atau jauh di bawah target 2% yang dicanangkan bank sentral.

Jika nantinya kebijakan QE diambil, maka bisa disimpulkan kalau bank sentral benar-benar mengabaikan kinerja mata uang Euro. Seperti diketahui, kurs EUR/USD sudah anjlok 12% sepanjang tahun ini dan sekarang berkutat di dekat posisi terendah 2015 pada kisaran 1.0457. Kalau ECB mementingkan nilai tukar, maka seharusnya pelonggaran moneter tidak diambil karena hal itu hanya akan memperlemah Euro. Singkat kata, Draghi dan kolega cukup senang dengan kondisi pasar uang. “ECB mungkin merasa nyaman dengan pergerakan Euro. Mereka tidak perlu melakukan suatu hal yang luar biasa untuk mengontrolnya,” demikian pendapat Kosuke Hanao, Head of FX at HSBC Tokyo.

(dim)

Optimalkan Trading Anda dengan Autochartist! Free Demo Acc|Spread “0”|Market Order|Copy Trade|Autochartist|Klik demo account Info: 082221030790 #krisis‎

Sumber: http://www.monexnews.com/

Lihat Disclaimer

Advertisements

3 thoughts on “Kurs Euro Tidak akan Halangi Peluncuran QE oleh ECB

  1. Pingback: Market Movers!: Dollar Berpotensi Reli Setelah Menguatnya Outlook Rate Hike AS | Bisnis Online Berjangka

  2. Pingback: Market Movers!: Pasar Berpotensi Lesu Karena Thanksgiving Day | Bisnis Online Berjangka

  3. Pingback: Euro Dalam Tekanan Menjelang Keputusan ECB | Bisnis Online Berjangka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s