Market Movers!: Kemerosotan Harga Minyak Kembali Menjadi Sorotan

m9bobnews – Bursa saham Asia berada di zona merah pada perdagangan hari ini, Selasa (8/12), mengikuti bursa saham AS pada hari Senin kemarin. Kembali merosotnya harga minyak mentah menjadi pernyebab buruknya kinerja bursa saham.

Minyak mentah WTI pada hari Senin turun hampir 6%, dan menyentuh level terendah sejak 2009. Tidak berubahnya kebijakan OPEC dikatakan menjadi penyebab tertekannya harga minyak mentah. Hingga pagi ini, minyak masih belum mampu bangkit, mata uang komoditas seperti loonie, aussie, dan kiwi, pun turut tertekan. Naiknya sentimen bisnis Australia bahkan tidak sanggup mengangkat kurs aussie.

Data ekonomi dirilis pagi ini menunjukkan ekonomi Jepang terhindar dari resesi, yang membuat nilai tukar yen menguat terhadap dollar. Ditambah dengan status yang disandang sebagai safe haven, yen berpotensi melanjutkan penguatan jika bursa saham global melemah pada hari ini.

Sementara dari China dilaporkan surplus necara perdaganga bulan November sebesar $54,10 milyar, turun dari bulan sebelumnya sebesar $61,64 milyar. Detail data perdagangan tersebut menunjukkan ekspor (year-on-year) -6,8% dibandingkan dengan eskspektasi -5,0%, dan bulan sebelumnya -6,9%. Impor dirlis -8,7%, dengan ekspektasi -12,6%, dan bulan sebelumnya -18,8%. Kurs aussie yang sensitif dengan data China berpeluang semakin turun melihat data tersebut.

Dari Inggris akan dirilis data produksi manufaktur bulan Oktober yang diperkirakan turun 0,1% dari bulan sebelumnya yang naik 0,8%. Rilis data yang seusai perkiraan atau lebih rendah dapat memperburuk sentimen untuk pound sterling.

Kanada hari ini akan melaporkan data izibn membangun bulan Oktober yang diperkirakan naik 3,0% vs bulan September -6,7%, rilis data yang seusai perkiraan dapat memberikan sentimen positif bagi loonie. Namun untuk menguat, loonie juga memerlukan bantuan dari rebound harga minyak.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di Calender. Ringkasan serta data pergerakan pasar di perdagangan sebelumnya bisa dilihat di Daily Report.

(Putu Agus)

Optimalkan Trading Anda dengan Autochartist! Free Demo Acc|Spread “0”|Market Order|Copy Trade|Autochartist|Klik demo account Info: 082221030790 #krisis‎

Sumber: http://www.monexnews.com/

Lihat Disclaimer

Advertisements

2 thoughts on “Market Movers!: Kemerosotan Harga Minyak Kembali Menjadi Sorotan

  1. Pingback: Market Movers!: Harga Komoditas Masih Menjadi Fokus | Bisnis Online Berjangka

  2. Pingback: Market Movers!: Bank Sentral Menjadi Perhatian, Jangan Abaikan Minyak | Bisnis Online Berjangka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s